Segar setelah olahraga renang
Hobi

Suka berenang, lebih baik punya kolam renang sendiri atau ikut klub?

Kolam renang merupakan simbol kemewahan sesorang, memiliki kolam renang pribadi di rumah menunjukkan kasta sosial yang tinggi, dan masih banyak lagi pernyataan yang dikaitkan soal kemewahan pada kolam renang. Benarkah demikian?

***

Memiliki kolam renang di pekarangan rumah mungkin menjadi impian bagi sebagian orang. Apalagi bagi mereka yang merupakan penggemar olah raga renang. Memiliki kolam renang pribadi ini akan sangat memudahkan para penggila renang untuk melampiaskan keinginan berenang yang tiba-tiba muncul tanpa tahu waktu, sedangkan kolam renang umum memiliki jam buka yang tertentu dan terbatas sehingga tidak dapat memenuhi keinginan tersebut.

Sayangnya, tak semua dari mereka dapat mewujudkan keinginan tersebut. Selain kurangnya lahan yang tersedia, biaya pembuatan kolam renang pun tak semurah yang dibayangkan. Karena ternyata biaya memiliki kolam renang tidak berhenti sebatas selesainya pembangunan kolam renang, melainkan berlanjut dengan biaya perawatan yang ternyata menguras kantong yang cukup dalam juga. Meski secara harfiah bentuk kolam renang ya seperti itu saja, berbentuk cekung ke dalam yang kemudian diisi air.

Dalam proses pembangunannya, umumnya biaya pembuatan kolam renang ini terbagi atas tiga hal, yaitu biaya konstruksi, biaya pembelian alat penyaring dan penjernih air, serta biaya perawatan kolam renang.

Dari biaya konstruksi sendiri dapat kita pecah sesuai dengan tahapan pembuatannya mulai dari pengerukan tanah yang nantinya digunakan sebagai lahan kolam renang, kemudian pengecoran lahan kolam renang yang dilanjutkan dengan proses pengeramikan dinding dan lantai kolam agar kolam dapat diisi dengan air.

Setelah kolam renang jadi, pengisian air ke dalam kolam renang pun ternyata menghabiskan uang yang tak sedikit mengingat beragamnya peralatan yang dibutuhkan seperti, tangki penampung air, alat sedot air dan selang yang mengalirkan air dari tangki penampung ke dalam kolam renang. Kemudian alat sirkulasi air dan penjernih air seperti, kaporit, soda ash, terusi juga alat penyedot untuk endapan kotoran di dasar kolam renang agar air tetap terlihat jernih.

Selain itu, biaya perawatan yang harus dikeluarkan secara rutin juga perlu dipertimbangkan untuk menjaga kolam renang agar tetap dalam kondisi yang baik.

Berat, ya? Tapi, jangan khawatir. Jangan buru-buru menghela nafas dan menghapus impian memiliki kolam renang pribadi di rumah. Meski terlihat cukup memberatkan dompet, banyak juga kok alternatif pembangunan kolam renang dengan biaya yang cukup terjangkau.

Coba berkonsultasi dengan pakar pembangunan kolam renang untuk membuat kolam renang dengan biaya yang murah. Desain ukuran kolam renang yang tidak terlalu luas, juga tidak terlalu sempit. Usahakan pas dengan lahan yang dimiliki. Ukuran dari desain kolam renang inilah yang akan menentukan biaya material dan perawatan dari kolam renang. Semakin kecil ukuran kolam renang, tentunya semakin sedikit pula biaya material dan perawatan yang dikeluarkan. Begitu pula sebaliknya, semakin luas ukuran kolam renang biaya material dan perawatannya pun pasti semakin besar.

Cermati pemilihan material bangunan. Pilih material dengan harga terjangkau yang pastinya tetap memiliki kualitas mendekati bahan-bahan pilihan. Hitung dengan cermat kebutuhan pembangunan, jangan sampai terlalu berlebih dan akhirnya tersisa percuma. Perkirakan juga waktu pembangunan dengan tepat, baik efektifitas maupun efisiensinya sehingga penggunaan jasa tukang bangunannya tidak terlalu mahal.

Selanjutnya tinggal mengatur jadwal perawatan kolam renang. Pastikan untuk selalu menyalakan sirkulasi air paling tidak sekitar 6-8 jam setiap hari. Jika khawatir takut terlupa, coba untuk menggunakan alat sirkulasi yang dilengkapi dengan timer. Jadi, sirkulasi air akan otomatis menyala dan mati tiap harinya. Selain itu, jangan lupa juga untuk menggunakan kaporit sebagai penjernih air setiap tiga hari sekali.

Dengan perhitungan yang baik, memiliki kolam renang pribadi dengan bajet terjangkau pun bukan lagi hanya impian semata. Tertarik mencobanya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *